Perbedaan Blogspot dan Com
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Perbedaan Blogspot dan Com

Sabtu, 17 Desember 2016

Banyak hal yang harus anda persiapkan sebelum membuat blog. Salah satunya adalah bagaimana untuk menentukan apakah akan menggunakan blogspot atau com dan apa perbedaannya ? Pada umumnya perbedaan kedua hal tersebut sering menjadi dilema atau ibarat buah simalakama. Mengapa begitu ? Hal ini bisa dibilang penting bisa juga tidak.

Seperti kita ketahui bahwa platform blogspot adalah jenis penyedia layanan untuk membuat blog agar lebih mudah dan gratis. Selain daripada itu blogspot dimiliki oleh raksasa mesin pencarian google inc. Karena hal tersebut banyak para blogger jadi enggan mengubahnya menjadi custom domain.

Pengertian Custom Domain sendiri adalah untuk merubah nama alamat url yang anda miliki agar menjadi lebih pendek dan profesional.
Perbedaan Blogspot dan Costum domain

Kelebihan lainnya menggunakan blogspot adalah sangat mudah dalam penggunaan khususnya para pemula. Konten atau artikel yang anda buat akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari google. Untuk tingkat keamanan sendiri anda tidak perlu repot-repot menggunakan tool pihak ketiga karena google sudah menggunakan metode keamanan tingkat tinggi bagi yang menggunakan blogspot.

Lalu bagaimana dengan custom domain ? biasanya para blogger akan menggunakan blogspot terlebih dahulu kemudian ditingkatkan menjadi custom domain. Butuh biaya untuk meningkatkan blogspot menjadi custom domain pertahunnya. Dan jika anda menggunakan custom domain otomatis anda akan melakukan verifikasi ulang domain anda baik ke google webmaster tools atau pun ke google analitics untuk mendapat kode verifikasi yang baru.

Jika anda ingin blogspot anda menjadi custom domain sebaiknya anda lakukan ketika konten dan pengunjung blog anda masih sedikit. Hal ini tentunya cara yang baik agar tidak kehilangan banyak pengunjung. Jika anda melakukannya saat pengunjung banyak dan artikel yang sudah terindeks banyak maka pastinya anda akan berpikir dua kali untuk merubah dari blogspot menjadi com.

Bisa anda bayangkan jika artikel anda memang mampu menarik pengunjung namun ada sedikit ganjalan karena nama domain masih menggunakan embel-embel blogspot. Maka dari itu sebaiknya anda melakukan pilihan sejak awal, karena pada dasarnya ketika blog anda sudah berumur dan memiliki trafik bagus tentu saja anda ingin blog terlihat lebih profesional yaitu dengan cara merubahnya menjadi custom domain.
Baca juga : Cara Memilih Template Responsive
Jadi perbedaan blogspot dan custom domain hanya memperpendek alamat url saja. Untuk hal lainnya seperti SEO dan Optimasi tidak ada dampak apapun yang signifikan. Semoga bermanfaat