Penyebab Komputer Mendadak Hang dan Cara Mengatasinya
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Penyebab Komputer Mendadak Hang dan Cara Mengatasinya

Lekemede
Rabu, 14 Desember 2016

Komputer dibuat dengan berbagai macam jenis komponen elektronik didalamnya. Maka yang namanya barang yang terbuat dari elektronik sering mengalami kerusakan secara tidak terduga. Kerusakan umum pada komputer sering terjadi walaupun jarang digunakan. Terjadi error, hang, blank screen pada komputer bisa timbul kapan saja, bahkan ada yang mengalami mati total. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukannya sendiri atau dibawa pada ahlinya.

Dari banyak kasus yang terjadi dan sering dialami oleh komputer baik yang berjenis laptop, notebook maupun PC pada dasarnya karena disebabkan oleh pemakaian yang tidak kenal waktu seperti terlalu asik bermain game dan menyebabkan panas pada processor yang berakhir dengan terjadinya hang atau berhenti mendadak. Ada beberapa penyebab umum yang bisa anda ketahui mengapa komputer anda mengalami kerusakan sebagai berikut :

Penyebab Komputer Mendadak Hang dan Cara Mengatasinya


Komputer Hang dan Blank Screen

Terkadang kita akan menjumpai kerusakan seperti komputer hidup namun pada layar terjadi blank screen atau selalu mengalami hang. Penyebab kerusakan tersebut diantaranya disebabkan oleh VGA Card yang terhubung dengan monitor, memori (RAM) yang sudah mengalami kerusakan, dan processor yang overheat (kepanasan).

Untuk memastikan ketiga jenis komponen komputer tersebut tidak rusak anda bisa mencabut VGA Card tersebut dan membersihkannya dengan cara menyiapkan penghapus untuk membersihkan pin kuningan. Bisa juga anda gunakan pembersih berjenis semprotan seperti 4WD untuk membersihkan slotnya.

Lakukan hal yang sama juga pada memori (jika anda menggunakan dua slot memori cobalah salah satu terlebih dahulu. Untuk Processor anda harus pastikan kipas yang menempel pada heatsink berputar cepat.

Biasanya yang sering terjadi kerusakan pada VGA Card dan Heatsink pada processor tidak menempel dengan erat yang menyebabkan pendingin yang berbentuk alumunium tidak mengalir dengan sempurna kepada processor.

Hal lainnya bisa saja terjadi konflik program, biasanya program yang diinstal secara tidak sempurna akan berakibat pada hang nya komputer. Atau program tersebut dipaksakan berjalan pada komputer yang rendah sedangkan program tersebut membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi. Anda bisa menghilangkan program yang menyebabkan komputer anda berhenti seketika.

Terdapat virus yang sudah menginfeksi komputer anda. Sistem yang sudah terinfeksi virus tidak akan berjalan dengan normal ketika anda menjalankan program. Jika kasus seperti terjadi pada komputer anda sebaiknya anda rajin update antivirus dan pastikan komputer bebas virus.
Baca juga : Komputer Hidup Namun Monitor Tidak Tampil 
Jika hal yang diuraikan diatas anda tidak bisa mengatasinya, anda bisa tanyakan pada kami melalui email atau kolom komentar. Jangan segan untuk bertanya dan kami akan senantiasa memberikan solusi terbaik bagaimana cara mengatasi komputer yang mendadak hang dan cara mengatasi hal tersebut.