Cara Paling Mudah Mengetahui ID Profil Google+, Facebook dan Twitter
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Cara Paling Mudah Mengetahui ID Profil Google+, Facebook dan Twitter

Kamis, 22 Desember 2016

Cara Mengetahui ID | Secara umum, sebagai pengguna media sosial baik Google+, Facebook maupun Twitter, mengetahui ID memang tidaklah begitu penting, sehingga wajar jika orang yang ditanya apa account media sosialnya? maka biasanya mereka akan menjawab user-name  yang digunakan, atau paling banyak dia akan menjawab email yang digunakan.

langkah paling mudah mengetahui id google+ facebook twitter

Namun bagi sebagian orang, khususnya seorang blogger dan pengguna website, sebuah ID dari account media sosial sangatlah penting. Mengapa?

Sebab, Nomor ID [Indentifikasi Pribadi], merupakan nomor unik yang diberikan sebuah situs tertentu, sebagai identitas yang tak bisa tergantikan.

Jika, user-name maupun email dari sebuah account bisa dirubah, maka tidak dengan nomor ID ini. Oleh karenanya, dalam optimasi sebuah blog, keberadaan nomor ID sangatlah penting.

Salah satu fungsi utama nomor ID bagi seorang blogger, adalah sebagai identifikasi admin atau author dari sebuah blog, agar Search Engine mampu mendeteksinya dengan baik, dan tentu juga sebagai validasi data.

Maka, jangan harap sebuah blog akan dapat teridentifikasi dan terlacak dengan baik di mesin pencari, jika author-nya saja tidak jelas. 

Sistem ini tentu sangat berpengaruh pada kredibiltas dan profesionalitas sebuah blog, sebab sebagai jasa pencari informasi, mesin pencari [tak-terkecuali, google] tidak mungkin memberikan hasil pencarian berupa informasi abal-abal kepada para penggunanya.


Case Study

Jika anda masuk pada kategori orang yang ke-kedua, alias seorang blogger, mengetahui nomor ID baik Google+, Facebook maupun Twitter merupakan sebuah kewajiban.

Sebab, dalam dunia Blogging, ada beberapa trik optimasi blog, salahsatunya dengan mengoptimalkan meta-tag pada template blog.

Memang biasanya pada template blog, secara umum telah disediakan meta-tag serta tempat untuk memasang nomor ID unik tersebut, seperti dalam gambar berikut ini :

Namun apajadinya, jika tempat nomor ID tersebut tidak dipasang? maka selain merugikan blog, bisa jadi perayapan google juga tidak maksimal. 

Minimal dampak yang paling terasa yakni saat proses sharing sebuah artikel di media sosial, seperti facebook, maka akan ada keterangan yang rancu.

Lantas Bagaimana Cara Mengetahui Nomor Profil ID G+, FB dan Twitter?
Baiklah, setelah anda memahami maksud saya diatas, maka sesuai dengan judul tulisan ini, akan saya beri tutorial yang sangat mudah. Kenapa Mudah? memang ada yang sulit?

Begini, jika anda telusuri tutorial samacam ini sebenarnya sudah banyak, tapi sayang banyak yang sudah expired, alias sudah tidak bisa digunakan. 

Contoh, jika anda mencari tutorial mengetahui nomor Profil ID dari facebook, maka ada sekian tutorial yang saat ini sudah tidak work.

Semisal disitu ada panduan, agar anda masuk kesebuah alamat, dan mengganti username dengan username yang akan dicari nomor ID-nya. Hasilnya? Nihil, alias error.

Oleh karenanya, panduan ini saya yakin mudah, sebab anda tidak perlu sulit-sulit untuk mencari di tutorial lain yang kemungkinan gagal sangat besar.

Sebab panduan ini sudah saya praktekkan dan buktikan sendiri, dan InsyaAllah jitu. Ok, apakah anda sudah siap? silahkan iktui panduannya.

1. Cara Mudah Mengetahui Nomor ID Profil Google+

Banyak sahabat yang kesulitan menemukan nomor ID Google+ nya, sebab ternyata nomor ID-nya telah berubah menjadi user-name, padahal dia sedang ingin memasukkan nomor ID pada meta-tag.

Maka jangan bingung, silahkan masuk ke-profil Google+, dan arahkan crusor pada user-name, dan perhatikan angka yang muncul disebah kiri bawah seperti pada gambar berikut :

Mengetahui ID Google+

Pada gambar tersebut, ada angka yang diberi kolom, untuk memastikan nomor ID tersebut adalah benar nomor ID Google+, silahkan lakukan pengecekan. Caranya
  • Silahkan Copy alamat https://plus.google.com/u/0/kodeID dan pastekan pada browser
  • Tambahkan kode yang berada dalam kolom, dan taruh di tulisan warna merah "kodeID"
  • Klik enter. Jika benar, maka akan muncul profil Google+ yang dimaksud, dan jika salah maka akan muncul peringatan "error"

2. Cara Mudah Mengetahui Nomor ID Profil Facebook

Selain Profil Google+, ada cara mudah untuk mengetahui nomor ID profil Facebook, iktui langkah-langkahnya, silahkan lihat profil facebook [pribadi maupun orang lain]

Arahkan cursor pada foto profil maupun pada foto sampul, maka akan tampil kode unik dibagian kiri bawah, perhatikan gambar berikut ini :

langkah mengetahui id profil Facebook

Perhatikan gambar di atas, dalam kode unik tersebut terdapat beberapa angka ID, salah satunya adalah ID untuk foto, sementara untuk ID profil berada dipaling belakang.

Jika anda belum yakin, silahkan coba dan ambil beberapa angka tersebut, lalu pasang dibelakang alamat ini : https://www.facebook.com/KodeID 

Ganti tulisan KodeID dengan ID yang sudah kalian ambil sebelumnya.

3. Cara Gampang Mengetahui Nomor ID Profil Twitter

Salah satu media sosial yang juga memiliki Nomor ID profil, serta banyak dibutuhkan adalah twitter. untuk mengetahui Nomor ID pada profil account Twitter, ada satu cara pilihan dan sangat mudah. berikut langkah-langkahnya.

  • Masuk dalam situs ini : http://www.idfromuser.com/
  • Masukkan user-name Twitter tanpa mengikutkan tanda "@" pada kolom "What is the twitter
  • username?",
  • Terakhir, klik "Get ID"
  • Anda akan mendapatkan nomor ID Twitter yang diinginkan.
langkah mengetahui id profil twitter


Nah. demikianlah informasi Cara Paling Mudah Mengetahui ID Profil Google+,  Facebook dan Twitter, sebagai tambahan, untuk langkah mengetahui ID Twitter, anda juga bisa mendapatkan nomor ID Flickr. Semoga bisa membantu.