Cara Membuat Bootable Menggunakan Flashdisk
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Cara Membuat Bootable Menggunakan Flashdisk

Lekemede
Minggu, 25 Desember 2016

Untuk membuat bootable menggunakan flashdisk diperlukan sofware pendukung seperti Rufus. Dahulu ketika akan menginstal windows langkah yang pertama dilakukan adalah membuat star-up terlebih dahulu kemudian memanggil file windows dari CD-Room. Namun seiring semakin berkembangnya teknologi anda tidak perlu lagi mengikuti cara-cara lama tersebut. Hanya dengan menggunakan flashdisk, anda sudah bisa mempunyai star-up sekaligus sistem windows didalamnya.

Rufus berfungsi sebagai media yang dibuat khusus untuk membuat bootable suatu sistem yang akan diinstal kemudian kepada media komputer. Kegunaan rufus ini sangat mudah sekali dan anda bisa melakukannya dengan mudah.

Cara Membuat Bootable Menggunakan Flashdisk
 Langkah-langkah cara membuat bootable menggunakan rufus


Membuat Bootable Menggunakan Sofware Rufus

Program rufus yang open source sangat membantu sekali para teknisi komputer jika akan melakukan instal ulang suatu sistem pada komputer jika akan di instal ulang. Berikut langkah-langkah cara membuat bootable menggunakan rufus :

  1. Siapkan flashdisk yang memiliki ukuran minimal 4 GB, jika bisa menggunakan yang memiliki kapasitas 8 GB.
  2. Siapkan sofware rufus versi terbaru yang bisa anda download disini secara gratis.
  3. Kemudian anda siapkan sofware sistem yang akan digunakan atau diinstal pada komputer anda seperti windows XP, Win7, Win8 dan Win10 yang ber extension file ISO.
  4. Setelah anda siapkan ketiga hal tersebut diatas kemudian anda jalankan program rufus yang telah anda download tadi. Namun sebelumnya colokkan flashdisk pada komputer.
  5. Lakukan backup terlebih dahulu jika didalam flashdisk terdapat data penting, karena data dalam flashdisk akan diformat terlebih dahulu.
  6. Ketika anda jalankan rufus akan tampil jendela program seperti gambar diatas.
  7. Kemudian anda pilih icon ISO Image yang akan mengarahkan pada sistem yang akan anda instal.
  8. Kemudian klik menu mulai, tunggu sampai proses selesai dan flashdisk siap digunakan untuk proses intalasi sistem.
Jika akan melakukan instal sistem terlebih dahulu anda pastikan pengaturan boot menuju flashdisk dengan merubah pada sistem BIOS terlebih dahulu dengan mengganti booting menggunakan flashdisk.
Demikian ulasan singkat bagaimana cara membuat bootable menggunakan flasdisk dengan bantuan sofware rufus. Semoga bermanfaat