Yakin Facebook Kalian Tidak Dibuka Orang Lain? Gini Cara Ceknya
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Yakin Facebook Kalian Tidak Dibuka Orang Lain? Gini Cara Ceknya

Rabu, 28 Desember 2016

Tips Aplikasi Facebook | Saat ini memiliki acount media sosial sepertinya sudah menjadi gaya hidup masyarakat dunia. Selain berfungsi sebagai ajang silaturrahmi antar sesama pengguna, media sosial juga bisa menjadi media Informasi. Bahkan, kabar tentang peran media sosial untuk kemenangan Presiden Amerka "Donald Trump" sampai detik ini masih menjadi isu hangat di Amerika.

cara cek dan mengatasi account facebook dari hacker

Sehingga keberadaan media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram harus diperhitungkan, baik diranah budaya, sosial bahkan ekonomi.

Percaya atau tidak, saat ini pengguna media sosial Facebook disluruh dunia saja sudah mencapai 1 Milliyar, sementara perjanuari 2015, jumlah manusia di seluruh dunia mencapai 7.5 Milliyar.

Artinya, sudah ada sekitar 17 % masyarakat di dunia ini yang telah menggunakan layanan media sosial berlogo huruf F ini.

Dan hebatnya, penggunanya tidak hanya dikalangan anak muda sebagai dominasi pemilik acount Facebook terbanyak, masyarakat dewasa, tua bahkan anak kecfil juga ikut menikmati layanan gratis ini.

Bagi sebagian orang, Facebook mungkin lebih dikenal sebagai tempat membuat status, mengupload foto atau video, atau cuma sekedar menjalin silaturrahmi dengan sesama pengguna [teman ataupun saudara]

Tapi nyatanya, Facebook bisa menjadi lahan memburu duit, dengan hadirnya berbagai fasilitas yang disediakan, misalnya terdapat firtur fanspage sebagai ajang promosi produk, atau layanan FB Ads yang saat ini mulai digandrungi para penjual produk.

Lantas kemudian muncul pertanyaan mendasar, apakah acount facebook yang kalian miliki saat ini benar-benar aman? Apakah kalian tidak pernah berfikir bahwa ternyata ada orang lain yang diam-diam membuka facebook kalian?

Jika ternyata benar, dan tanpa kalian sadari, maka bisa dipastikan facebook kalian telah disusupi oleh hacker, dan dampak terburuknya, data privacy kalian bisa saja dengan mudah dibobol, dan dibongkar. menakutkan bukan?

Tapi tenang saja kawan, kali ini kami akan bagikan tutorial carea mudah mengetahui acount facebook kalian terkena hacker atau tidak. 

Pada tutorial ini, akan kami bagikan menjadi dua cara, bisa kalian menggunakan perangkat PC/ Komputer, atau menggunakan handphone, yang mana kedua-duanya kalian terlebih dahulu harus sudah login ke acount facebooknya. Selanjutnya ikuti langkah berikut.


1. Cara Mengetahui Acount Facebook Pribadi Terkena Hacker Dan Cara Mengatasinya, Pakai Handphone

Setelah kalian masuk pada acount facebook, silahkan buka bagian menu facebook, biasanya ada di disebelah kanan atas layar handphone.

Selanjutnya pilih "Account Settings", pilih "Security", dan terakhir pilih "Where You're Logged in", disitu kalian akan mendapati banyak sekali data, berupa data list yang berisi keterangan dimana dan kapan dan menggunakan apa saja kalian menggunakan facebook. lihat gambar dibawah ini :

setting security facebook dengan handphone

Jika ditemukan aktifitas mencurigakan, maka segera tekan tombol "x" bagian kanan dari setiap data, untuk menghapus. 

Dengan cara ini secara otomatis, jika kebetulan ada orang lain yang sedang menggunakan acount facebook kalian, bisa seketika itu logout atau keluar.

2. Cara Mengetahui Acount Facebook Pribadi Terkena Hacker Dan Cara Mengatasinya, Pakai Komputer/ PC

Tidak jauh berbeda dengan tutorial pada handphone diatas, pada layar komputer, setelah kalian masuk ke acount facebook, silahkan menuju menu facebook.

Selanjutnya pilih "Pengaturan/ Setting", pilih "Keamanan/ Security", dan pilih item "Where You're Logged in/ Tempat Anda Masuk"

Dan juga sama dengan tutorial diatas, jika ada aktifitas mencurigakan, silahkan tekan hentikan aktifitas, agar secara otomatis langsung logout dari perangkat yang dimaksud. Jika bingung perhatikan gambar berikut ini :

setting security agar mengetahui pengguna facebook

Bagaimana? mudah kan? dan sebagai bonus, akan kami bagikan pula sebuah tips, agar nantinya jika ada aktifitas pada acount facebook kalian, secara otomatis akan ada notifikasi / pemberitahuan, baik via notifikasi pada acount facebook, email, maupun via SMS.

Cara Setting Facebook Agar Bisa Terima Pemberitahuan
Tak jauh beda dengan cara diatas, namun saat sudah masuk pada halaman "Keamanan / Security", silahkan pilih "Peringatan Masuk/ Login Alerts"

Disitu kalian akan mendapati beberapa alternatif pemberitahuan, bisa menggunakan notifikasi facebook, email dan yang terkahir melalui SMS. Perhatikan gambar berikut ini :

cara setting notifikasi facebook
Keterangan Gambar :
  1. Pengiriman pemberitahuan via notifikasi facebook
  2. Pengiriman pemberitahuan via email
  3. Pengiriman pemberithuan melalui SMS


Dengan cara ini, kalian bisa mendapatkan notifikasi secara langsung, ketika ada aktifitas mencurigakan, misalnya ada orang lain yang sedang login menggunakan account facebook pribadi kalian. 

Demikianlah Cara mengetahui dan Mengatasi Facebook yang terkena hacker, agar kita bisa yakin bahwa acount kita dalam keadaan aman, semoga tutorial ini bisa membantu.