Standarisasi Cara Memilih Casing Komputer PC
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Standarisasi Cara Memilih Casing Komputer PC

Lekemede
Jumat, 25 November 2016

Zona Komputer | Salah satu yang membuat komputer PC awet adalah menggunakan casing yang mempunyai sirkulasi udara agar hadware didalamnya terlindungi dari hawa panas yang dihasilkan oleh processor, VGA Card dan hadware lainnya yang mengeluarkan hawa panas.

Menggunakan bentuk Casing yang menarik pada komputer belum tentu spesifikasi hadware didalamnya bagus bukan ?  Nah kadang hal tersebut berbanding terbalik. Terkadang anda menemukan sebuah unit komputer yang menggunakan casing sangat menarik perhatian, dan harga nya pun bisa dibilang lumayang menjadi mahal.

Namun tidak sedikit pula ada yang menggunakan casing bagus namun hadware didalamnya mempunyai spesifikasi standar saja agar kesannya canggih gitoh !

Standarisasi Cara Memilih Casing Komputer PC

Fungsi Casing

Pengertian Casing adalah memiliki fungsi untuk melindungi bagian dalam komputer dari gangguan yang bisa merusak komponen didalamnya sekaligus sebagai penyuplai arus listrik karena pada setiap casing terdapat yang namanya power supply.

Namun apakah komputer PC bisa hidup tanpa menggunakan casing, yah bisa saja asal power supply nya tetap anda pisahkan. Biasanya setiap teknisi komputer suka melakukan ini agar lebih nyaman ketika melakukan service pada PC yang sedang mengalami masalah. Kemudian akan memasangnya kembali setelah berjalan normal.

Tips Memilih Casing Komputer PC   

Supaya komputer pc anda terlindungi dengan baik, makan diperlukan sebuah casing. Standarisasi untuk memilih casing cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri dalam menentukan bentuk casing sesuai selera anda. Berikut tips memilih casing computer :

#Power Supply


  • Pilih casing yang mempunyai sumber daya 450 Watt (power supply), hal ini dikarenakan untuk mendukung hadware didalamnya agar mendapatkan sumber daya yang cukup dari power supply.

#Lobang Udara


  • Memilih unit casing yang memiliki lobang saluran udara/angin adalah suatu keharusan. Hal ini dapat menjadi hal yang utama untuk hadware didalamnya lebih awet karena hawa panas cepat keluar dari dalam casing.

#Kipas


  • Menggunakan kipas tambahan (optional) akan menjadi lebih baik, biasanya casing yang memiliki lobang saluran angin akan terdapat lobang baut untuk menambahkan kipas. Dengan adannya kipas ini hawa panas akan lebih cepat keluar. Gunakan dua kipas untuk keluar masuk udara. 

#Ruang Besar


  • Casing yang memiliki ruang besar juga akan lebih baik, namun jika menurut anda akan mempersempit meja komputer, sebaiknya pilih casing yang ramping saja dengan catatan tambah kipas didalamnya.

Beberapa hal tersebut bisa menjadikan referensi anda dalam memilih casing komputer PC. Jika ada hal lainnya yang mau anda tambahkan silahkan dikolom komentar agar bisa dapat berbagi dengan yang lainnya.

Kapan saat yang tepat anda mengganti power supply ? Baca Update terbaru Ciri Power Supply Harus Di Ganti.