Kok Bisa Yah Komputer Mati Sendiri ? Ini Penyebabnya
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Kok Bisa Yah Komputer Mati Sendiri ? Ini Penyebabnya

Lekemede
Senin, 14 November 2016

Zona Komputer | Lagi asik online atau mengerjakan tugas, tiba-tiba komputer mati sendiri, rempong kan jadinya Sob. Yang jelas ada penyebabnya tuh sob, salah satunya adalah karena ada pemadam listrik bergilir dari PLN. Bercanda yah Sob, berikut penyebab komputer mati sendiri atau hang, dan terkadang restart sendiri.

Ketika komputer dalam keadaan dipakai atau tidak dipakai sistem akan selalu bekerja. Penyebab masalah komputer sebenarnya itu-itu saja yaitu seperti tegangan arus listrik, terkena virus, overheat (kepanasan) dan korsleting pada mainboard.

Kok Bisa Yah Komputer Mati Sendiri, Ini Penyebabnya
Penyebab Komputer Mati Sendiri (Credit image pixabay) 


Penyebab Komputer Mati Sendiri


Arus listrik adalah hal yang paling sensitif pada setiap komputer, tegangan yang tidak stabil akan mengakibatkan putaran kipas dan arus masuk pada power supply akan menyebabkan komputer mengalami masalah.

Baca juga : Cara Memperbaiki Power Supply

Terdapat kerusakan pada mainboard yang bisa menyebabkan komputer mati sendiri adalah karena terdapat elco yang tegangannya menurun. Dari beberapa kasus kebanyakan rusaknya elco disebabkan karena arus yang masuk dari power supply sudah tidak stabil.

Faktor penyebab lainnya adalah Processor, pada setiap unit komputer terdapat processor yang diatasnya terdapat heatsink (kipas pendingin). Jika kipas berhenti processor akan mengalami panas berlebih dan mengakibatkan komputer restart sendiri.

Hal lainnya yang membuat komputer mati/restart sendiri, adanya virus malware/trojan yang sudah menginfeksi komputer, komputer kalian sudah dikendalikan oleh virus tersebut, terdapat timer otomatis yang dibuat virus agar komputer anda mati.

Nah dari beberapa kasus diatas penyebab komputer mati sering mati sendiri dikarena kesalahan/error pada motherboard, power supply tidak stabil dan processor yang mengalami panas/suhu yang berlebihan. Untuk mengatasi hal ini anda bisa membaca ulasan tentang bagaimana mengatasi komputer yang sering mati sendiri.

Baca juga : Cara Mendinginkan Processor 

Semoga bermanfaat yah sob ulasannya untuk mencari penyebab komputer yang suka mati sendiri. Kritik dan Saran selalu kami jawab, jadi jangan ragu berkomentar dan bertanya tentang masalah yang terjadi pada komputer.