Mencari Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Mencari Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Khanza Aulia
Senin, 28 November 2016

Zona Sehat | Bau mulut atau napas tak sedap merupakan kondisi kesehatan memalukan yang mempengaruhi sekitar 30% dari orang di seluruh dunia. Dalam dunia medis, bau mulut dikenal dengan istilah halitosis. Terlepas dari istilah tersebut, kehadiran bau busuk tampaknya datang dari rongga mulut. Menurut akademi kedokteran gigi, lebih dari 90% kasus, bau nafas berasal dari mulut, tenggorokan, dan amandel. Setiap orang bisa saja mengalaminya pada satu waktu.  Biasanya masalah bau mulut akan sedikit membaik setelah menyikat gigi dan membilas mulut dengan obat kumur bebas alkohol.

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Bau mulut busuk biasanya disebabkan oleh sekelompok anaerob, yaitu bakteri sulfur yang memproduksi dan berkembang biak di bawah permukaan lidah serta sering kali di tenggorokan dan di daerah amandel. Istilah "anaerob" secara harfiah berarti hidup tanpa oksigen, dan pada kenyataannya, bakteri ini tidak memerlukan oksigen untuk hidup. Mereka terjadi secara alami di lingkungan mulut dan sangat penting karena mereka membantu dalam pencernaan dengan memecah protein menjadi asam amino.

Protein biasanya ditemukan dalam makanan, lendir atau dahak, darah, dan di jaringan mulut yang sakit. Bakteri-bakteri ini berpesta protein dalam mulut, senyawa sulfur yang dilepaskan dari bagian belakang lidah dan tenggorokan. Bakteri mengeluarkan limbah hidrogen sulfida, metil mercaptan, dan senyawa belerang yang mudah menguap. Selama bakteri anaerob memakan protein dan mengeluarkan senyawa belerang yang mudah menguap maka napas anda akan menjadi lebih buruk dan lebih buruk.

Penyebab Bau Nafas Tidak Sedap

Ada banyak penyebab halitosis, tetapi empat diantaranya adalah yang sudah sangat umum. Berikut ini adalah penyebab bau nafas/mulut yang harus kita ketahui.

1. Mulut kering

Xerostomia adalah istilah medis untuk mulut kering, menyediakan lingkungan yang sempurna untuk reproduksi bakteri anaerob. Merokok, minum alkohol, dan mendengkur adalah beberapa penyebab umum. Kebanyakan orang mengalami napas tak sedap di pagi hari karena kurangnya produksi air liur saat mereka tidur.

2. Makanan

Halitosis dapat diperburuk oleh makanan tertentu seperti bawang merah dan bawang putih karena mengandung senyawa sulfur.  Sementara susu, daging, dan ikan mengandung protein padat yang digunakan sebagai sumber makanan oleh anaerob, bakteri sulfur yang memproduksi gula halus yang kemudian diproses untuk menyediakan sumber makanan bagi bakteri. Kopi dan jus dapat berkontribusi untuk masalah ini karena mereka bersifat asam dan menyediakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

3. Tidak menjaga kesehatan gigi

Perawatan mulut yang tidak memadai menyebabkan penumpukan bakteri pada gigi dan gusi. Ketika mengunyah makanan, gigi tidak bisa langsung melumatkan makanan tersebut sehingga meninggalkan sisa-sisa makanan. Akibatnya mikroorganisme dapat dengan mudah menempel pada gigi dan tetap ada untuk waktu yang lama. Jika tidak terus menerus dilakukan pembersihan dengan cara menyikat gigi yang memadai, maka bakteri ini akan berkembang menjadi sesuatu yang disebut biofilm, umumnya dikenal sebagai plak gigi.

Ketika plak dibiarkan menumpuk di dekat gusi, itu akan mengeras dan mulai menghancurkan gigi dan jaringan gusi akibat aktivitas bakteri yang intens. Hal ini bisa menyebabkan penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis, yang memungkinkan protein dari perdarahan gusi dan jaringan mulut yang sakit sehingga menyebabkan bau. Kerusakan gigi dan pemasangan gigi palsu yang kurang pas atau kotor juga dapat berkontribusi untuk masalah ini.

4. Penyakit

Menurut penelitian, sekitar 10% dari semua kasus halitosis disebabkan oleh penyakit tertentu. Individu yang menderita diabetes, penyakit paru-paru, penyakit ginjal, kanker, penyakit hati, infeksi saluran pernafasan, atau gangguan metabolik sering mengalami napas busuk yang kronis akibat mulut kering. Sinusitis, pneumonia, bronkitis, dan polip mempengaruhi saluran udara dan juga dapat menyebabkan masalah. Penyakit umum lainnya yang terkait dengan bau mulut termasuk bau hidung dan batu amandel, infeksi jamur pada mulut, dan penyakit gusi. Obat-obatan tertentu seperti antidepresan, obat tekanan darah tinggi, dan antihistamin dapat menjadi faktor penyebab mulut kering karena obat-obatan tersebut dapat mengurangi produksi air liur.

Note:
Halitosis jarang berhubungan dengan penyakit yang mengancam jiwa. Namun, penting bagi anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi setelah anda melihat bintik-bintik putih yang konsisten pada amandel dan luka di mulut dengan atau tanpa demam. Kadang-kadang bau mulut dipicu oleh kondisi kesehatan yang parah seperti tenggorokan atau kanker mulut, infeksi human immunodeficiency virus (HIV), gangguan sistem pencernaan, atau diabetes dan selanjutnya, dapat menunjukkan dehidrasi atau kekurangan zinc. Melakukan perawatan gigi yang tepat dan mengunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun adalah cara paling efektif untuk menghindari masalah ini.

Gejala Nafas Bau (halitosis)

Halitosis adalah kondisi medis yang menurunkan harga diri dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan hubungan pribadi. Orang dengan bau mulut kronis sering kehilangan kepercayaan diri mereka. Tidak mudah untuk mengetahui apakah anda memiliki masalah ini. Sedangkan anggota keluarga dan kolega anda mungkin tidak merasa nyaman memberitahu anda. Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah anda memiliki napas busuk adalah dengan menjilati bagian dalam pergelangan tangan anda, tunggu lima detik. Anda juga dapat melakukan tes bau mulut untuk mengetahui aroma sendiri dengan cara meniupkan nafas ke telapak tangan. Kebanyakan gejala halitosis tergantung pada penyebab yang mendasari terjadinya bau. Gejala yang paling umum termasuk merasakan rasa pahit, lapisan putih di lidah, dan air liur yang tebal. Banyak orang yang memiliki napas busuk terkait dengan mulut kering sehingga mengalami kesulitan berbicara atau menelan, sensasi terbakar di mulut, atau mata kering. Demam, sakit tenggorokan, batuk terus-menerus, dan getah bening di leher menunjukkan infeksi saluran pernapasan yang juga dapat menjadi pencetus bau nafas yang busuk.

Mengatasi Bau Mulut

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi sumber halitosis kronis adalah dengan mengunjungi dokter gigi untuk melakukan diagnosis professional. Ketika anda siap untuk mengatasi masalah ini, pastikan anda terbuka dan jujur dengan kesehatan yang anda alami untuk selanjutnya melakukan pemeriksaan karena hal ini sangat penting bagi untuk memahami semua masalah kesehatan yang anda alami dalam rangka untuk menentukan penyebab yang mendasari dan merekomendasikan pengobatan yang tepat.

Pengobatan

Selama lebih dari satu abad, perusahaan farmasi berusaha untuk meringankan halitosis dengan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol. Ini sebenarnya bertentangan dengan apa yang harus dilakukan karena alkohol adalah zat pengering. Namun dokter telah banyak belajar di tahun-tahun berikutnya, dan dalam kebanyakan kasus, kondisi ini dapat berhasil diatasi seperti gejala halitosis, namun yang perlu diperhatikan bahwa pengobatan yang dilakukan tergantung pada penyebab yang mendasari.

Hal ini penting untuk diingat bahwa Anda tidak dapat menghilangkan bakteri dari lidah yang menyebabkan bau mulut tidak cukup hanya dengan menyikat lidah dan gigi. Sebagian besar mereka percaya, membersihkan lidah dan menyikat gigi adalah solusi permanen. Sebuah metode yang lebih sederhana telah teruji scara klinis terbukti bisa mengobati bau mulut yaitu dengan memperkenalkan senyawa oksigen ke area mulut anda.

Oksigen adalah musuh alami dari bakteri yang menyebabkan masalah ini karena anaerob tidak dapat berfungsi dengan adanya oksigen. Secara umum, dokter gigi akan merekomendasikan obat kumur dan pasta gigi yang mengandung agen oxygenating seperti klorin dioksida atau natrium klorit untuk menetralkan senyawa belerang yang mudah menguap dan membantu mengontrol bau yang disebabkan oleh bakteri yang ditemukan di dalam mulut.

Jika Anda mengalami mulut kering, dokter gigi akan merekomendasikan pengganti air liur untuk membasahi mulut sepanjang hari. Beberapa efektif, bahan-bahan alami yang harus dicari dalam produk perawatan mulut adalah seng glukonat, lidah buaya, teh hijau, minyak pohon teh, xylitol, asam glycyrrhizic dan probiotik.

Selain itu, perawatan diri juga dapat membantu untuk meminimalkan halitosis. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah. Anda bisa menggunakan produk perawatan oral seperti obat kumur dan pasta gigi yang telah terbukti efektif dalam memerangi bau mulut. Perawatan mulut yang tepat yaitu dengan rajin melakukan gosok gigi Sikat minimal dua kali sehari. Pastikan untuk mendapatkan sikat gigi dengan bulu lembut (tidak merusak enamel gigi atau gusi) dan juga menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Menyikat dan membersihkan lidah membantu menghilangkan makanan dan plak yang digunakan sebagai sumber energi oleh anaerob, bakteri sulfur yang merupakan akar dari masalah ini.

Beberapa tips untuk meminimalkan bau mulut


  • Mencegah mulut kering dengan permen karet atau permen yang bebas gula. Carilah Xylitol, pemanis non-sukrosa, yang dalam beberapa tahun terakhir telah terbukti mampu mengurangi masalah napas tak sedap.
  • Makan buah-buahan dan sayuran berserat.  Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut adalah makan sebuah apel sehari. Ini membantu melembabkan mulut, juga.
  • Mengambil suplemen diet dengan mengkonsumsi Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin B yang efektif membantu tubuh Anda menghilangkan kelebihan lendir dan racun alami.
  • Sikat gigi anda dengan baking soda namun jangan terlalu sering. Bakteri yang menyebabkan bau mulut berkembang dalam lingkungan mulut yang asam. Menyikat gigi dengan baking soda membantu menetralisir kelebihan asam yang ditemukan dalam rongga mulut.

   

Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Kronis


  1. Harap diingat, mencegah halitosis selalu lebih mudah daripada mengobati. Dengan mengembangkan kebiasaan yang tepat, anda dapat secara efektif membantu mencegahnya.
  2. Makan makanan kaya serat tinggi membantu mencegah halitosis. Hindari makan makanan berat olahan yang mengandung karbohidrat olahan seperti cookies, kue, permen dan es krim.
  3. Gunakan obat kumur yang tepat. Beberapa obat kumur atau bilasan oral efektif untuk mencegah bau mulut. Namun, Anda tidak harus menggunakan obat kumur berbasis alkohol karena alkohol membuat mulut sangat kering, yang benar-benar akan membuat masalah lebih buruk. Gunakan obat kumur dari bahan herbal misalnya air rebusan daun sirih.
  4. Minum teh hijau dan hitam.  Polifenol yang terkandung di dalamnya mampu membantu menghilangkan senyawa sulfur dan mengurangi bakteri mulut.
  5. Hindari obat yang menyebabkan mulut kering. Cobalah untuk tidak mengambil antidepresan, diuretik, penghilang rasa sakit, dan antihistamin kecuali benar-benar diperlukan secara medis. Obat ini menghambat aliran air liur dan dapat menyebabkan mulut kering kronis.
  6. Hindari produk dengan sodium lauryl sulfate atau alcohol. Jangan menggunakan produk kebersihan mulut yang mengandung sodium lauryl sulfate atau alkohol karena alkohol membuat mulut sangat kering, salah satu penyebab paling umum dari bau mulut.
  7. Bersihkan mulut anda setelah makan daging, ikan atau produk susu.  Selalu menjaga kebersihan mulut secara konsisten dan menyeluruh merupakan metode pencegahan yang efektif.
  8. Berhenti merokok.  Penelitian telah menunjukkan bahwa perokok beresiko lebih tinggi terkena penyakit periodontal dan mulut kering. Selanjutnya, orang yang merokok juga dapat terlibat dalam kebiasaan lain yang memicu kondisi ini seperti diet, minum alkohol, dan menderita kondisi kecemasan kronis yang memperburuk keadaan dan membutuhkan resep obat.
  9. Biasakan bernapas melalui hidung anda, bukan mulut anda. Cobalah untuk mengatasi masalah mendengkur.  Karena mendengkur dapat mempengaruhi napas anda dan menyebabkan mulut kering.
  10. Perbanyak minum air putih. Mulut kering juga disebabkan karena kurang cairan. Jauhkan kondisi mulut kering anda dengan memperbanyak minum air.
  11. Bersihkan gigi palsu Anda setidaknya sehari sekali. Gigi palsu juga menjadi salah satu pemicu bau mulut. Melepas dan membersihkan gigi palsu menjadi hal yang sangatpenting untuk dilakukan.
  12. Hilangkan produk susu dari diet anda karena Intoleransi laktosa yang terkandung di dalam produk susu bisa menjadi penyebab halitosis.

Semoga bermanfaat artikel kesehatan yang mengulas tentang mencari penyebab bau mulut dengan beberapa cara mengatasinya.