11 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

11 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat

Khanza Aulia
Senin, 14 November 2016

Tips Kesehatan | Saat usia bertambah, tubuh kita butuh lebih banyak nutrisi. Maka yang harus kita lakukan adalah memperbanyak asupan makanan sehat. Sebagai orang yang sibuk dan produktif, tidak menutup kemungkinan terjadinya gaya hidup stress yang kadang-kadang dikombinasikan dengan sedikit kualitas tidur dan kebiasaan makan yang buruk. Maka tidak mengherankan begitu banyak dari kita merasa terkuras. 

Kelelahan fisik dan emosional memicu kekacauan pada sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan kita lebih rentan terhadap penyakit, depresi, dan bahkan kondisi kronis seperti penyakit jantung. Sebenarnya kita memiliki kekuatan dari dalam diri untuk mengubah kebiasaan, meningkatkan energi kita, sehingga merasa lebih baik.

Langkah Menuju Pola Hidup Sehat

Kita semua tahu bahwa olahraga teratur, manajemen stress, dan tidur yang cukup setidaknya delapan jam sangat penting untuk memerangi kelelahan. Pola makan juga mempengaruhi tingkat energi kita. Nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan tubuh agar kita mendapatkan lebih banyak energi sepanjang hari. Berikut ini beberapa langkah menuju hidup sehat yang harus kita ketahui.

1. Pilih makanan padat gizi

Metabolisme energi yang optimal (proses yang mengubah makanan menjadi energi) membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral. Setiap sel dalam tubuh kita dapat membuka potensi energi dengan bahan bakar yang tepat dari makanan. Jika kita tidak mendapatkan cukup nutrisi dari makanan, maka akan menyebabkan gangguan metabolisme energi sel sub-optimal sehingga membuat kita merasa lelah dan lesu. Cara terbaik untuk memerangi ini adalah memilih makanan yang memiliki banyak nutrisi per kalori. Nutrisi tersebut ada pada sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan protein hewani. Roti halus, gorengan, makanan berlemak, permen, dan makanan ringan olahan memberikan kita banyak kalori dengan gizi sedikit. Anda akan merasa jauh lebih baik jika mendasarkan diet pada meminimalkan proses seluruh makanan.

2. Pilih makanan antioksidan tinggi

Antioksidan adalah zat yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas bisa berasal dari bahan kimia yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan kelelahan dan menyebabkan penyakit. Ada ribuan bahan alami antioksidan yang dikandung buah-buahan, sayuran, dan makanan nabati lainnya. Makanan olahan atau makanan cepat saji tidak memberikan banyak asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Namun demikian terlalu banyak nutrisi tertentu juga dapat beresiko. Ketika nutrisi yang dikemas dalam seluruh makanan, secara alami harus diimbangi dengan nutrisi pelengkap dan ribuan senyawa yang mendukung kesehatan. Carilah buah-buahan berair yang berwarna-warni seperti buah semangka dan melon, serta sayuran berdaun hijau gelap seperti kale, brokoli, sawi hijau, dan bayam.

3. Fokus pada omega-3

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak omega-3 meningkatkan mood, memori, dan kemampuan berpikir, yang berkaitan dengan fokus dan energi. Cobalah untuk mendapatkan setidaknya satu sumber yang sangat baik dari omega-3 lemak sehari yang terdapat pada ikan, biji rami, minyak rami, sayuran hijau. Suplemen Omega-3 seperti minyak ikan dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga memungkinkan untuk melawan timbulnya penyakit umum seperti flu dan batuk. Namun harus dipahami bahwa penggunaan minyak ikan tidak harus mengganti diet sehat.

4. Lakukan diet sehat

Diet identik dengan penurunan berat badan dengan cara mengatur pola makan. Berhemat kalori akhirnya menurunkan metabolisme karena tubuh mencoba untuk menghemat seluruh energi sehingga mengakibatkan rasa lesu. Keadaan menjadi lebih buruk, metabolisme melambat, tubuh membakar kalori bahkan lebih sedikit, yang mengarah ke tingkat yang lebih lambat dari penurunan berat badan.
Jadi, untuk menjaga energi dan metabolisme, pastikan untuk memenuhi kalori kebutuhan setiap hari. Penurunan berat badan yang stabil - dicapai dengan kalori yang cukup dan aktivitas fisik secara teratur adalah cara yang paling efektif untuk menjaga berat badan yang sehat untuk kehidupan. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli gizi untuk mengetahui berapa banyak kalori yang anda butuhkan  setiap hari.

5. Utamakan sarapan

Sebagian orang melewatkan sarapan, dan anda bahkan mungkin selalu melakukannya. Memang tidak ada salahnya hal ini dilakukan sebagai cara untuk menyimpan kalori. Tapi itu menyakiti kita dalam jangka panjang. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang baik tidak hanya untuk meningkatkan metabolisme, tetapi akan membantu anda merasa lebih baik sampai makan siang. Anda bisa memilih menu sarapan seperti donat, kue-kue, sereal, dan wafel untuk pilihan sehat termasuk buah segar, sereal gandum panas atau dingin dengan kacang / biji, roti gandum dengan selai kacang.

6.Katakan ya untuk makanan ringan

Mendapatkan pasokan energi sepanjang hari membantu menjaga kadar gula darah dan tingkat energi anda. Membiarkan diri terlalu lapar menyebabkan gula darah anda crash, menyebabkan perasaan kelesuan dan sering muncul keinginan untuk ngemil. Tentu saja ini tidak dilarang. Namun demikian menjadi hal yang penting untuk memilih makanan ringan anda dengan bijaksana.

Sebuah makanan ringan yang sehat tidak akan datang dari mesin penjual otomatis atau dalam paket 100 kalori. Pada kenyataannya, makanan ini biasanya tidak memberikan dorongan mental dalam energi. Yang sering justru meninggalkan perasaan lebih lelah dari sebelumnya. Makanan sebenarnya adalah sumber terbaik dari energi yang nyata.

Menggabungkan karbohidrat kompleks dengan protein dan lemak akan membantu menyediakan energi yang tahan lama karena serat, protein, dan lemak memperlambat pelepasan gula ke dalam darah, membantu mencegah pelepasan energi dan makan berlebihan.

7. Perbanyak minum air putih

Banyak minum air putih adalah cara yang sangat mudah dan efektif untuk menjaga energi anda. Tubuh membutuhkan cukup air agar proses metabolisme lancar dan optimal. Minum 8 gelas setiap hari dipercaya mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

8. Gunakan kafein dengan bijaksana atau tidak sama sekali

Secangkir kopi, pasti dalam benak kita minuman tersebut seolah-olah memberikan energi. Karena memang terbukti, kafein yang terkandung dalam kopi mampu mengatasi rasa kantuk. Jadi meskipun anda merasa lebih baik dengan mengkonsumsi kopi, namun perlu diketahui bahwa itu hanya untuk jangka pendek dan akan menjadi bumerang ketika habis, karena pada saat itu tubuh menyadari sebenarnya itu bukanlah sumber energi yang nyata dan hasilnya adalah kelelahan dan kelaparan yang biasanya diikuti dengan makan berlebihan.

Jadi, kafein dapat digunakan sesekali sebagai stimulan sementara, seperti sebelum melakukan perjalanan panjang. Mengkonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan ketergantungan dan dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah. Sebagai alternatif, cobalah teh hijau, yang memberikan antioksidan yang bermanfaat serta asam amino yang membantu anda tetap tenang dan fokus. 

9. Jagalah kebersihan

Menjaga kebersihan lingkungan secara rutin merupakan salah satu pola hidup sehat. Mulailah dengan menjaga kebersihan dari diri dulu dengan cara mandi 2x sehari, menggosok gigi setelah makan, membersihkan kamar tidur dan sebagainya.

10. Olah raga secara teratur

Tidak diragukan lagi manfaat melakukan olah raga pagi adalah terhindar dari berbagai penyakit. Lakukan senam ringan atau jogging sambil menghirup udara segar di pagi hari sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca juga : Cara Mengatasi Bau Badan

11. Istirahat yang cukup

Istirahat yang paling baik adalah tidur. Idealnya, orang dewasa membutuhkan tidur antara 7 sampai 8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan pikiran beristirahat. Sementara hormon-hormon tertentu bisa bekerja hanya ketika kita tidur pulas pada malam hari, termasuk hormon pertumbuhan. Karena begitu pentingnya tidur bagi tubuh kita, maka kita perlu memastikan tidur kita sudah cukup setiap malam agar bisa memperoleh manfaat secara maksimal.

Itulah 11 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat.