Aneh Komputer Hidup Tapi Monitor Tidak Tampil Ini Penyebabnya
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Aneh Komputer Hidup Tapi Monitor Tidak Tampil Ini Penyebabnya

Lekemede
Minggu, 20 November 2016

Zona Komputer | Pernah kan kalian mengalami komputer hidup tapi layar monitor tidak tampil alias no signal ? Ngaku aja dech ! Yah itu adalah hal umum yang terjadi pada sebuah unit komputer khususnya yang menggunakan PC. Untuk pengguna mungkin ini bisa membuat panik karena kalian hanya menggunakan saja. Namun terkadang masalah seperti ini merupakan pengalaman yang sangat lucu bagi kami.

Pernah kami mendatangi customer yang memiliki kendala monitor mati tapi CPU hidup. Ketika kami datang ternyata memang betul komputer dan monitor dalam keadaan hidup, namun monitor walau hidup tapi tidak tampil gambar dan terdapat keterangan no signal.

Aneh Komputer Hidup Tapi Monitor Tidak Tampi Ini Penyebabnya
Cara mengecek komputer yang hidup namun monitor tidak tampil/menyala/no signal

Tahapan Mengecek Monitor Tidak Tampil

1. Periksa Monitor 

Pastikan bahwa monitor tersebut memang keadaannya masih baik dan bagus dengan cara menghubungkan ke komputer lainnya. Jika pada komputer lain tampil berarti terdapat masalah pada komputer.

2. Periksa Kabel Monitor

Pastikan kabel monitor yang terpasang pada port komputer itu dalam keadaan baik. Anda bisa memastikan kabel tersebut berjalan baik dengan cara pada nomer 1.

3. Periksa Komputer

Pastikan komputer tidak bermasalah dengan cara pada nomer 1. Jika bermasalah pada komputer yang harus anda periksa adalah VGA yang terhubung dengan mainboard dan monitor. Ada 2 tipe jenis VGA yang biasa digunakan dalam komputer seperti VGA On Board dan VGA Eksternal.

Dari ketiga tahapan tersebut kesimpulannya adalah pada No. 1 untuk memastikannya. Jika tampil berarti terdapat masalah dalam komputer anda. Salah satu penyebab monitor tidak tampil yang disebabkan oleh komputer adalah pada VGA Card dan Memori (RAM).

Untuk memeriksa kedua perangkat tersebut terlebih dahulu dengan RAM memori. Cabut bersihkan dan pasang kembali. Jika belum hidup kemudian cabut VGA Card (Eksternal), bersihkan dan pasang kembali.

Nah jika dengan cara VGA Card dan Memori dicopot tidak hidup juga, pastikan processor tidak mati. Anda bisa buka processor lalu pegang permukaannya apakah panas atau dingin. Jika dingin berarti permasalah ada pasa processor.
Untuk menambah wawasan baca juga Fungsi Driver VGA Card
Oke teman-teman itu saja cara mengecek komputer yang hidup namun monitor tidak tampil/menyala/no signal. Semoga Bermanfaat Yah