Kerusakan Yang Timbul Akibat Mematikan Komputer Tanpa Shutdown
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Kerusakan Yang Timbul Akibat Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

Lekemede
Jumat, 18 November 2016

Tips Komputer | Pada setiap unit komputer akan terdapat tombol shutdown, restart yang kedua tombol tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Berjalan normalnya komputer adalah salah satu ciri bahwa penggunanya dipastikan merawat komputer dengan baik. Tombol shutdown berfungsi untuk mematikan komputer secara langsung tanpa menutup program terlebih dahulu karena hal tersebut mungkin bisa dikatakan lebih cepat.

Fungsi tombol restart berfungsi untuk merestart komputer agar kembali pada keadaan semula, hal ini disebabkan karena terdapat program yang tidak berjalan dan menyebabkan sistem berhenti (hang). Tombol restart bisa dibilang lebih aman, namun terlalu sering juga akan mengakibatkan sistem cepat mengalami crash.

Kerusakan Yang Timbul Akibat Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

Mematikan komputer secara langsung menggunakan tombol shutdown dapat mengakibatkan kerusakan yang parah dan menyebabkan perangkat keras (hadware) mengalami kerusakan. Lalu hal hal apa saja yang timbul akibat mematikan komputer tanpa melakukan shutdown ? Berikut ulasannya :

1). Hardisk Error


Pada setiap unit komputer/laptop terdapat hardisk yang fungsinya untuk menyimpan sistem dan data. Hadware ini sensitif terhadap tegangan arus listrik yang tidak stabil. Begitu pula jika anda melakukan shutdown secara langsung akan menyebabkan sistem yang sedang berjalan akan mengalami crash secara tiba-tiba, hal itu akan menyebabkan silinder yang berputar akan berhenti mendadak tanpa alasan yang jelas. Dampak yang ditimbulkan hardisk anda akan mengalami yang biasa disebut Bad Sector. Bad Sector dapat diperbaiki oleh seorang yang ahli komputer, namun dari banyak kasus hardisk yang sudah mengalami bad sector akan berjalan dibawah normal. Terkadang akan hang ketika posisi piringan (silinder) pada posisi bad sector.

2). RAM/Memori Rusak


Fungsi memori sendiri adalah selain untuk kecepatan sebagai tempat sementara menyimpan sistem dan aplikasi. Jika anda mematikan komputer dengan menggunakan tombol shutdown secara lansung hal tersebut akan menyebabkan memori dalam keadaan penuh, adanya tegangan yang berhenti mendadak menyebabkan memori mengalami kerusakan

3). File Sistem Registry


Pada sebuah unit komputer terdapat file registry yang fungsinya sangat fital dalam mendukung sebuah sistem. Sistem registry akan berantakan karena komputer mengalami mati secara tidak normal. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan error pada sistem dan berjalan tidak normal.

4). Power Supply


Fungsi power supply sendiri adalah untuk menyuplai kebutuhan arus listrik/daya pada sebuah unit komputer. Arus yang mengalir akan di supply pada semua perangkat keras didalamnya. Anda bisa membayangkan jika anda melakukan shutdown langsung maka arus akan terputus secara tiba-tiba yang mengakibatkan perangkat didalamnya mengalami kerusakan/error.

5). Processor Unit


Otak dari komputer adalah processor, semua sistem menjadi berjalan karena perangkat tersebut. Ketika Processor bekerja akan mengalami panas, seperti otak kita jika banyak pekerjaan otak akan terasa pusing dan panas. Dalam processor terdapat kipas pendingin yang dapat menetralisir keluar hawa panas dan menggantinya dengan udara dingin yang dikeluarkan oleh kipas dan diteruskan oleh heatsink yang terbuat dari alumunium. Jika mati mendadak processor akan mengalami penurunan panas yang lama karena kipas otomatis berhenti.

Cara Mengatasinya :

Tentu saja cara mengatasi agar semua perangkat tersebut tidak mengalami kerusakan/error anda harus mengikuti aturan pada sistem. Tombol shutdown dan restar hanya untuk keadaan darurat jika komputer mengalami hang saja. Sebaiknya jika komputer dalam keadaan normal lakukan shutdown pada program yang tersedia pada sistem. Dengan begitu komputer anda dipastikan akan baik-baik saja. Semoga Bermanfaat