Jerawatan ? Jangan Khawatir, Cobalah Masker Bidara !
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Jerawatan ? Jangan Khawatir, Cobalah Masker Bidara !

Khanza Aulia
Jumat, 18 November 2016

Zona Kesehatan | Anda punya masalah jerawat? Kurang percaya diri dengan penampilan karena banyaknya jerawat ? Sudah berusaha berbagai cara namun jerawat tak juga minggat. Seperti yang kita ketahui, jerawat merupakan masalah umum yang biasanya dialami oleh sebagian besar orang terutama remaja.

Jerawat itu sendiri banyak jenisnya, beberapa faktor penyebab munculnya jerawatpun seolah sudah menjadi satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Namun disini saya sengaja tidak membahasnya. Bagi anda yang mengalami masalah jerawat, menyembuhkan jerawat bisa dilakukan dengan obat jerawat herbal. Salah satu obat jerawat dari bahan alami yang patut anda coba adalah masker bidara. Jadi mulai saat ini berbahagialah, karena daun bidara terbukti ampuh sebagai masker yang mampu menghilangkan jerawat secara efektif. Namun sebelumnya mari kita berkenalan dulu ya dengan tumbuhan ajaib yang satu ini.


Jangan Khawatir, Cobalah Masker Bidara !


Apa sih bidara itu ?

Pohon bidara

Sebagian orang mungkin ada yang belum tahu apa sih pohon bidara itu ? Pohon Bidara atau Widara (Ziziphus mauritiana) yang bahasa Arabnya dikenal dengan pohon as sidr, merupakan pohon yang tidak begitu tinggi atau perdu.  Tingginya kurang lebih 5-15 meter. Bidara tumbuh tegak atau melebar dengan cabang-cabang yang menjuntai dan letak ranting yang tidak beraturan. Pohonnya selalu hijau meskipun terkadang agak meranggas dan memiliki daun penumpu berupa duri pada daun-daunnya. Batangnya berkayu dengan diameter sekitar 20-50 cm.

Daun bidara tunggal dan bertangkai yang tumbuh  berselang-seling. Bentuk daun bulat telur hingga oval dengan panjang 2-9 cm dan lebar 1,5-5 cm. Bentuk tulang daun membujur dan tepi daun rata atau sedikit bergerigi. Daun bidara berwarna hijau mengkilat di bagian atas dan agak keputihan atau cokelat karat pada bagian bawah.

Bunga bidara muncul di ketiak daun. Bunganya berwarna kekuningan dan beraroma agak harum. Buah bidara berbentuk bulat sekilas mirip buah keres, berkulit halus kadang kasar, mengkilap, tipis namun liat. Warna kulit buah kekuningan, kemerahan hingga kehitaman jika masak. Sedangkan daging buahnya berwarna putih, dengan banyak sari buah yang berasa agak masam hingga manis.

Manfaat dan Khasiat Bidara

Daun bidara mengandung senyawa antibakterial sehingga sangat efektif untuk mengobati berbagai penyakit. Sejak zaman dahulu, daun ini sudah sering digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan Nabi Muhammad SAW juga pernah menggunakannya karena manfaat daun bidara ini telah disebutkan juga dalam Al Qur’an sebagai metode pengobatan.

Di Indonesia sendiri, manfaat tumbuhan bidara yang paling dikenal adalah daunnya yang berkhasiat sebagai pengusir gangguan jin dan pengaruh ilmu sihir sehingga daun bidara kerap digunakan sebagai media ruqyah. Sebagai media ruqyah, biasanya daun bidara ditumbuk halus dan dilarutkan dalam air dengan disertai bacaan ayat-ayat Al Qur’an. Larutan daun bidara ini digunakan untuk mandi dan diminum.

Daun bidara bisa diracik menjadi jamu herbal dengan cara ditumbuk dan dilarutkan dengan air dan dijadikan obat luar untuk mengobati gangguan pada kulit seperti jerawat dan jamur. Selain itu, bidara kerap pula digunakan untuk memandikan jenazah, memandikan orang demam, hingga untuk keramas. Daun yang masih muda dapat dijadikan disayur sedangkan daun yang sudah tua bisa dijadikan pakan ternak.

Buah bidara mengandung karoten, fosfor, kalsium, vitamin A dan C, lemak, karbohidrat, serta protein. Buahnya dapat dimakan langsung, untuk rujak atau manisan, bahkan bisa diolah menjadi minuman segar. Di India, bidara dibudidayakan untuk dipanen buahnya dan diperjualbelikan. Selain daun dan buahnya, kulit kayu pohon bidara juga dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pernafasan, sakit perut, dan batuk. Akar bidara juga mampu melancarkan buang air seni. Kayunya bisa dimanfaatkan sebagai barang kerajinan, perabotan rumah tangga. Buahnya dapat pula digunakan sebagai pewarna alami.

Tumbuhan bidara tidak termasuk tanaman langka dan tidak termasuk salah satu tumbuhan yang dilindungi di Indonesia. Meskipun sedemikian besar manfaatnya, namun tumbuhan bidara ini tampaknya belum menarik bagi masyarakat Indonesia untuk dibudidayakan. Sehingga tanaman ini dibiarkan tumbuh liar begitu saja.

Obat jerawat

Kembali lagi ke masalah jerawat. Mengobati jerawat dengan daun bidara bisa anda coba. Disini saya akan berbagi resepnya. Seperti penjelasan sebelumnya. Khasiat daun bidara selain sebagai sarana untuk mengobati penyakit non medis, khasiat lain yang bisa anda manfaatkan adalah bisa dijadikan masker untuk membersihkan kulit dari kotoran dan menjaga kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh jerawat.

Bagi anda yang memiliki kulit berminyak adalah yang paling rentan terhadap munculnya jerawat. Masalah jerawat ini seringkali merusak kulit. Cobalah menggunakan masker daun bidara, InsyaAllah wajah anda akan tampak lebih segar, kinclong dan minyak di wajah bisa diatasi.

Cara membuat masker bidara :


  • Ambil beberapa lembar daun bidara (as sidr ) lalu tumbuk halus dan masukkan kedalam cangkir atau mangkuk.
  • Tambahkan sedikit air sehingga campuran agak sedikit kental dan kemudian oleskan pada kulit wajah sebagai masker.
  • Biarkan beberapa saat hingga mengering seluruhnya.
  • Setelah mengering, cuci dengan air bersih tanpa menggunakan sabun. Silahkan lihat hasilnya. Anda akan langsung melihat perbedaan dalam kehalusan kulit.

Akan lebih baik lagi jika sebelum memakai masker bidara, bacakan doa khusus. Dengan izin Allah, wajah anda akan lebih memancarkan aura positif. Semoga bermanfaat.