Fungsi Hardisk dan Jenisnya
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Fungsi Hardisk dan Jenisnya

Lekemede
Minggu, 20 November 2016

Zona Komputer ⇾ Pada sebuah perangkat Komputer dan Mesin yang berbasis data yang pastinya akan menggunakan Hardisk yang memiliki fungsi untuk menyimpan data. Selain itu pada sebuah hardisk terdapat berbagai jenisnya, hal tersebut untuk menyesuaikan dengan bentuk perangkat yang dibuat. Besar kecilnya ruang penyimpanan juga terdapat bermacam-macam ukuran dan tipenya.


Hardisk adalah salah satu bagian yang vital khususnya pada unit komputer. Data yang tersimpan pada hardisk adalah data-data yang mempunyai nilai penting seperti data laporan, data program, data aplikasi, gambar dan file jenis lainnya yang dianggap penting.

Fungsi Hardisk dan Jenisnya
Ilustrasi Pixabay

Hardisk dapat dibagi menjadi beberapa bagian karena hal tersebut agar data yang anda simpan akan menjadi lebih aman. Contohnya jika komputer anda menggunakan ukuran hardisk sebanyak 500 GB, maka sebaiknya anda membagi 2 ( 1 untuk sistem dan 1 untuk data) sistem pada (C) dan File pada (D). Biasanya untuk sistem 150 GB dan sisanya 350 GB untuk menyimpan data anda.

Mengapa harus dibagi dua ? Hal tersebut untuk memudahkan antara sistem dan data, jika sistem mengalami crash anda tidak perlu lagi khawatir data akan hilang. Ketika sistem crash makan sistem pada (C) akan diperbaiki dengan melakukan format/instal ulang. Sedangkan D tidak akan terpengaruh dengan kerusakan sistem dan data anda aman tidak perlu melakukan backup lagi yang memakan waktu cukup lama.

Ada beberapa merek hardisk yang bisa anda gunakan dan sudah terbukti keunggulan dan kehandalannya sebagai berikut :
  1. Seagate
  2. LG
  3. Hitachi
  4. Western Digital (WD)
  5. Sony
  6. Toshiba
  7. Fujitsu

Jenis Jenis Hardisk   

Terdapat berbagai jenis hardisk yang biasa di gunakan dalam sebuah unit komputer dan laptop. Berikut jenis-jenis hardisk yang kami kumpulkan dari berbagai sumber. Semoga bisa membantu untuk mencari informasi mengenai jenis-jenis hardisk apa saja yang biasa digunakan :

  1. Hardisk ATA / EIDE
  2. Hardisk SCSI
  3. Hardisk RAID
  4. Hardisk SATA
  5. Hardisk SSD

Jenis-jenis hardisk tersebut adalah tipe yang sering ditemui pada perangkat komputer PC dan laptop juga Notebook. Jika ingin menggunakan hardisk yang cepat dalam hal pembacaan atau proses transfer, kalian bisa menggunakan hardisk yang berjenis SATA dan SSD. Semoga Membantu !