Ciri Power Supply Komputer PC Harus Di Ganti
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Ciri Power Supply Komputer PC Harus Di Ganti

Lekemede
Jumat, 25 November 2016

Zona Komputer | Apa itu Power Supply ? Adalah merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam sebuah komputer pc maupun laptop. Power Supply Unit (PSU) yang biasanya menempel pada casing computer memiliki fungsi untuk mengolah input arus AC (bolak-balik) menjadi input arus DC (searah). Sumber DC yang keluar/dihasilkan oleh power supply akan digunakan oleh hadware yang terdapat dalam sebuah unit komputer seperti mainboard, kipas, vga dan lainnya. Ada beberapa ciri mengapa anda harus ganti power supply yang akan penulis jelaskan sesuai pengalamannya disini.

Nah sekarang jelas kan apa itu sebenarnya power supply dan kegunaannya untuk sebuah unit komputer khususnya yang berbasis PC. Tentu saja jika komputer tanpa power supply tidak akan hidup bagaimana pun juga.


Ciri Power Supply Komputer PC Harus Di Ganti

Jenis-Jenis Power Supply


Dalam dunia teknologi komputer terdapat beberapa tipe dan jenis power supply yang biasa digunakan sebagai berikut :

  1. Jenis Power Supply AT, pada power supply jenis ini mempunyai socket powernya hanya 12 PIN, jenis power supply seperti mungkin bisa dibilang sudah punah, karena jenis ini digunakan pada komputer jaman dulu.
  2. Jenis Power Supply ATX, karena berkembang teknologi baru pada sebuah motherboard makan power supply AT digantikan dengan jenis ATX yang memiliki 20 PIN sesuai socket yang berada pada setiap mainboard.
  3. Jenis Power Supply BTX, sekarang dengan adanya jenis kabel SATA untuk hardisk maka penggunaan jenis ini sudah ditemukan pada komputer masa kini. 

Ciri Power Supply Harus di Ganti



1) Komputer Restat Sendiri

Selain komponen lain yang bisa menyebabkan salah komputer restart sendiri, tapi kebanyakan kasus seperti itu disebabkan oleh power supply yang sudah lemah.

2) Kipas Power Supply

Kipas akan berjalan secara perlahan karena arus DC yang dihasilkan tidak mampu mensupport daya ke kipas secara full.

3) Kipas Proccesor

Jika kipas proccesor berputar pelan maka hal tersebut disebabkan oleh power supply.

4). Sering Mati

Jika power supply lemah terkadang komputer akan mati dengan sendirinya, monitor tidak menyala namun komputer hidup, ketika tombol power ditekan komputer hidup lalu mati lagi.

Nah jika kendala diatas ditemukan pada perangkat komputer PC anda, saya sarankan ganti power supply dan jangan di service. Jika diservice kemudian menggunakan komponen yang berbeda malah akan merusak mainboard anda.