Cara Memilih Template Blog Yang Responsive
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Cara Memilih Template Blog Yang Responsive

Senin, 28 November 2016

Untuk memilih template yang responsive mobile friendly, fast loading dan memiliki struktur yang baik, diperlukan cara atau tips tertentu untuk mencarinya. Apa sih pengaruhnya untuk Blog ? tentunya dengan menggunakan template yang ramah dengan mesin pencari dapat menaikkan peringkat blog anda pada mesin pencari/penelusuran. Apakah hal tersebut suatu keharusan ? Berikut ulasannya :

Admin tidak memaksa anda untuk menggunakan template yang telah dijelaskan diatas. Namun pada dasarnya berdasarkan beberapa hasil penelitian dari beberapa mesin pencari serta penyedia layanan sangat penting sekali sebuah situs web menggunakan template yang baik dan memiliki kecepatan yang bagus. Hal ini berdasarkan hasil survei melalui analisa pada beberapa mesin pencari bahwa sebuah situs web/blog yang memiliki kecepatan diatas 5 detik akan ditinggalkan pengunjungnya.

Memaksakan menggunakan template yang bagus namun memiliki loading yang buruk akan membawa dampak pada blog yang sedang anda bangun. Bagus menurut anda tapi belum tentu dilihat baik oleh penggunanya apa lagi mesin pencari khususnya google. Pengunjung menilai blog anda mempunyai tampilan dan warna yang keren, tapi hanya sebatas menyukai, setelah itu pengunjung akan meninggalkan blog anda untuk selamanya karena memiliki kecepatan yang buruk dan menyebabkan kuota pengunjung cepat habis, beda dengan yang menggunakan jaringan sekelas Wifi saya rasa hal tersebut bukan masalah.

Cara Bagaimana Menentukan Template Responsive, Fast Loading dan Seo Friendly

Untuk menentukan template tersebut mempunyai kriteria yang disebutkan, terdapat beberapa alat pengujian bagaimana template tersebut layak anda gunakan. Setiap template yang gratis maupun berbayar akan memiliki spesifikasi dan demo bagaimana sebenarnya tampilan template tersebut. Berikut kategori template yang ramah mesin pencari, fast loading dan responsive :

1) Template Responsive

Adalah jenis template yang memiliki responsive ketika anda buka di jenis ponsel apapun. Secara otomatis template tersebut akan menyesuaikan tampilan yang berbeda saat menggunakan komputer maupun ponsel. Template yang mobile friendly secara otomatis nama url akan berubah seperti "www.zonamania.com/2m=1".

Cara Memilih Template Blog Yang Responsive

Semakin berkembangnya teknologi berbasis android, maka pada masa mendatang diprediksi akan lebih banyak pengguna yang mengunjungi blog dengan menggunakan smartphone atau yang disebut dengan jamannya Mobilegeddon.

Anda bisa mengunjungi halaman responsinator.com, Pungujian Mobile dari Google, dan mobiletest.me (masukan nama blog anda pada situs tersebut atau blog orang lain untuk bahan perbandingan.
alat penguji template mobile friendly
Hasil pengujian template mobile friendly melalui mobiletest dengan memilih berbagai merk smartphone 

2) Template Bersih dan Terstruktur


Menggunakan template yang bersih dan user friendly, akan memberikan dampak positif kepada pengguna baru blog anda dan bisa menambah visitor setiap harinya. Anda bisa menggunakan alat pengujian melalui alat pengujian dari https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/ untuk hal tersebut.

3) Template Fast Loading

Menggunakan template yang lemot akan memberikan dampak buruk yang signifikan pada pengunjung baru anda. Memiliki blog dengan menggunakan template yang fast loading akan mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi halaman lainnya. Untuk menguji hal tersebut anda bisa menggunakan gtmetrix.com. Jika template yang anda uji memiliki nilai score diatas 80% hal tersebut sudah termasuk template yang memiliki kecepatan tinggi. Jika dibawah itu dan memiliki loading nya diatas 5 detik jangan gunakan template tersebut.

Jika anda ingin memulai membangun blog carilah template sesuai kriteria diatas. Selain template yang responsive, bersih, user friendly dan mobile respon perlu didukung dengan artikel yang baik dan menarik pengunjung juga. Semoga Bermanfaat.