Aplikasi Chatting Terbaik Untuk Kirim File Di Android
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Aplikasi Chatting Terbaik Untuk Kirim File Di Android

Minggu, 13 November 2016

Tips Android | Salah satu kelebihan mendasar yang dimiliki oleh smartphone berbasis Android adalah ketersediaan berbagai macam aplikasi pendukung yang dapat dengan mudah di download dari Play Store. Enaknya lagi, aplikasi-aplikasi itu banyak yang free alias gratis. Ingin aplikasi apa? media sosial? facebook, twitter, linked.in, hampir semuanya lengkap. enak kan?

aplikasi chatting terbaik kirim file di android

Nah. bagi sebagian pengguna smartphone android, pengiriman file baik gambar maupun file-file lain juga dianggap sangat penting. Misalnya, kita ingin mengirim file berupa video, atau artikel, atau musik semuanya mudah dilakukan dengan berbagai macam Aplikasi.

Berikut ini akan kami informasikan Aplikas-aplikasi Terbaik untuk mengirim file di Android, yang tentunya gratis, alias tidak dipungut biaya.

Mungkin kalian berfikir aplikasi berikut memang aplikasi yang didedikasikan untuk kirim file, jawabannya tidak. Aplikasi ini justru sebenarnya aplikasi chatting atau messaging, hebat kan?

Jadi kalian tidak perlu repot-repot download aplikasi khusus transfer file, cukup pakai beberapa aplikasi dibawah ini, yang mungkin sudah terinstal di handphone kalian.

1. Telegram


Telegram merupakan sebuah applikasi cahtting yang memungkinkan penggunanya mengirim pesan dan file secara singkat dan aman.

Selain simpel, telegram juga memiliki keunggulan lain, yakni bisa secara otomatis menginput contact pengguna telegram lain yang juga menggunakan aplikasi yang sama.

Selain bisa membuat group layaknya aplikasi-aplikasi chatting yang lain, file yang bisa ditransfer dan dikirim melalui aplikasi ini bisa berupa doc, mp3, Zip, video dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara kirim file menggunakan telegram?

Caranya sangat mudah, saya harap kalian sudah instal aplikasi ini, silahkan masuk ke kontak, sebagai orang yang akan dikirimi file. Pilih icon send file, dibagian bawah kanan, anda akan diminta file yang akan dikirim. berikut ini penampakannya :


2. WhatsApp

WhatsApp Messenger

Dahulu aplikasi ini hanya menyediakan pengiriman pesan instan, suara atau hanya sekedar video yang direkam secara langsung (bukan melalui file yang sudah tersimpan)

Tapi pihak whatsApp pasti paham semakin pesatnya pelanggaan produknya, dan kebutuhan mereka, akhirnya setelah beberapa waktu lalu resmi diakusisi oleh Facebook, whatsApp meluncurkan fitur baru, yakni bisa mengirim file (misalnya, doc. pdf. Zip, dan lain sebagainya)

Hebatanya lagi, Saat ini whatsApp dengan versi terbaru telah menyediakan video call sesama pengguna, sehingga fitur ini semakin membuat WhatsApp menjadi aplikasi wajib bagi pengguna android.

Lantas bagaimana cara kirim file melalui whatsApp? caranya juga cukup mudah, hanya dengan menekan tombol icon clip pada bagian atas kanan, selanjutnya akan ditampilkan pilihan file yang akan dikirim.


3. Facebook Messenger

Free Facebook Messenger

Facebook merupakan media sosial terbesar dan sangat digandrungi saat ini, media yang didirkan oleh Mark Zuckerberg, rupanya telah merambah keseluruh dunia.

Meski telah mengakusisi WhatsApp, ternyata facebook juga memiliki layanan chat yang bisa digunakan untuk mengirim dan transfer file.

Selain fitur video call dan voice call yang memang sudah lama dimiliki Facebook Messenger, rupanya kita bisa mengirim file lewat aplikasi ini. Caranya?

Kalian tentu harus download applikasi Facebook Messenger dan Dropbox terlebih dahulu, setelah proses instalasi selesai, silahkan gunakan Dropbox sebagai tempat penyimpanan yang nantinya digunakan untuk mengirim file melalui facebook messenger. 


4. Google+ Hangouts

Google+ Hangouts

Berbicara tentang facebook, sepertinya tak lengkap jika tidak disandingkan dengan Google. Jika facebook lebih dikhususkan pada media sosial, Google perusahaan raksasa yang menyediakan jasa pencarian, juga menciptakan Google+.

Persaingan ini semakin ketat, lantaran Google juga melengkapi fiturnya dengan Google+ Hangouts, yang ternyaata bisa digunakan untuk mengirim file.

Sama seperti facebook messengar, untuk mengirim file menggunakan Google+ Hangouts, kita harus menyimpan file yang dimaksud pada Google Drive (yang juga produk google). 

Sebab, Google+ Hangouts sendiri hanya bisa menampung dan mgnirim file dengan ukuran 25 MB, dan tidak lebih. berbeda dengan Google Drive, sebagai media penyimpanan online, setiap pemilik acount google, telah disediakan space 15 GB gratis. 

Maka cara kerja pengiriman file pada Google+ Hangouts, kita diharuskan menyimpan / upload file pada google drive untuk selanjutnya linknya kita kirim melalui hangouts. 

Oleh karena itu cara mengirim filenya dimulai dari membuka file yang sudah tersimpan di Google Drive, selanjutnya pilih share link => acount Hangouts => silahkan klik send.

Demikianlah Beberapa Aplikasi Chatting Terbaik Untuk Kirim File di Android, tentu saja setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan, akan tetapi secara hirarki, aplikasi diatas masuk jajaran yang terbaik. semoga bermanfaat.